Senin, 03 Januari 2011

Katalog "Obat Kelinci"

Obat Sintesis/Kimiawi


Katalog / Daftar Obat yang digunakan untuk Kelinci.

Beberapa daftar obat di bawah ini telah digunakan diberbagai peternakan Kelinci baik untuk kelinci maupun untuk kambing dengan hasil yang memuaskan. Dari pengalaman ini kami ingin berbagi informasi dengan pecinta kelinci khususnya sehingga tidak bingung dalam mencari obat-obatan dan vitamin bagi hewan kesayangannya.

  1. Kepromec : sebagai obat scabies (satu-satunya obat scabies dengan cara diminumkan) , demodex, segala macam parasit internal dan eksternal, membasmi cacingan. dosis : 0,03 ml / Kg berat badan diminum selama 2 hari berturut-turut.
  2. Contrimvets Oral : Ampuh menanggulangi diare/mencret pada kelinci . Dosis pemberian pertama 0,3 ml, hari ke dua dan ke tiga 0,2 ml (untuk ukuran kelinci dewasa, anakan menyesuaikan)
  3. Enroten untuk mengatasi gangguan pada saluran pernafasan (flu,batuk, ileran, CRD, diare ringan). Enroten dalam bentuk sediaan bubuk yang dapat diminumkan atau dicampur dengan makanan.
  4. Vitamin B12 diberikan kepada kelinci yang sedang sakit karena kekurangan gizi dengan gejala awal kelinci lemas dan tidak bergairah. Dosis 0,5 ml/Kg berat badan sehari sekali baiknya pada pagi hari.
  5. Ovalumon yang mengandung hormon Estrogen diberikan untuk meningkatkan kesuburan kelinci betina. Dosis 1 ml/5 Kg berat badan. Disuntik dibawah kulit 3 kali sehari dan di hari ke-8 kelinci sudah bisa dikawinkan.
  6. Testohormon yang mengandung hormon Progestron dapat diperoleh dengan merk dagang potahormon diberikan untuk memperbaiki alat kelamin jantan dan meningkatkan kesuburan sprema kelinci. Dosis disuntik dibawah kulit 3 kali sehari.
  7. Oxitocyn untuk memperbanyak ASI kelinci dan mengatasi pendarahan pasca melahirkan
  8. Nutristress merupakan vitamin sekalligus pengganti caira elektrolit dalam tubuh kelinci akibat dari kekurangan cairan ketika terkena diare. Sangat bagus digunakan pada saat kelinci terkena diare.
  9. Introvit 4+ WS, merupakan multivtamin terlengkap saat ini yang popular digunakan oleh breeder /petshot untuk menjaga kesehatan dan kualitas kucing, anjing dan kelinci. Introvit 4+ WS dalam bentu sediaan bubuk yang dapat diminumkan (campur air) atau dicampur dalam makanan.

2 komentar: